Dengan semakin tingginya masyarakat Indonesia untuk menggeluti dunia bisnis tentunya semakin menjamur juga usahawan baru dan terutama kecil menengah. Tapi, sayangnya orang mengenal dunia bisnis itu bisa dikerjakan semua sendirian hingga ke permasalahan keuangan, padahal mengurus pencatatan sangatlah menguras waktu dan pikiran. Saat ini pencatatan sudah lebih dimudahkan sekali dengan adanya teknologi. 

Seringkali banyak yang menganggap karena usaha kamu masih kecil jadi masalah lingkup  manajemen keuangan ini tidak dipikirkan. Jika kita ingin menjadi bisnis besar sudah sepantasnya kita memiliki pola pikiran untuk mengembangkan bisnis kita. Untuk itu yuk pelajari lingkup manajemen keuangan kecil. Mau tahu caranya, simak dulu yuk artikel ini: 

  1. Perencanaan

Merencanakan keuangan seperti layaknya merencanakan masa depan kamu. Karena tentunya dengan perencanaan matang bisa memeperkecil kegagalan di masa depan. Untuk perencanaan ini pada dasarnya adalah untuk memiliki arus kas yang positif kemudian mengalokasikan dana untuk mengembangkan atau menambah produk atau layanan baru dan juga mengatasi alokasi biaya tak terduga. 

  1. Anggaran 

  Setelah membuat rencana selanjutnya adalah menganggarkan anggaranmu sesuai kebutuhan dan produktivitas usahamu. Anggaran ini juga harus disisihkan dengan dana darurat apalagi kejadian tak terduga seperti pandemi seperti saat ini. 

  1. Mengelola risiko 

Dalam setiap apapun yang akan kita kerjakan akan selalu risiko, begitu pula dalam melakukan bisnis. Mulai dari risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional dan risiko operasional. Hal inilah yang harus benar-benar diperhatikan agar manajemen keuangan kita lebih baik tentunya. 

  1. Prosedur 

 Dalam membuat manajemen yang baik dan terlaksana agar usaha dapat berjalan lancara maka juga harus ditetapkan prosedur yang benar. Tentang siapa yang akan melancarkan anggaran dan rencana usaha kita. Prosedur inipun juga harus dilakukan secara tertulis.

Dari penjelasan tadi dalam melakukan manajemen keuangan pun akan semakin mudah. Tapi, jangan lupamembuat pencatatan keuangan yang komprehensif sehingga memudahkan strategi bisnis kita. Saat ini dalam satu genggaman bisa kamu akses,loh! Caranya dengan download aplikasi Moodah sekarang. Dengan MOODAH mau untung jadi mudah!

Author

Write A Comment