Memang disaat pandemi ini dibutuhkan strategi yang tepat untuk bertemu dengan pasar yang tepat pula. Kegentingan perekonomian di Indonesia saat ini membuat pelaku bisnis UMKM pun juga harus bisa memutar otak salah satunya adalah dengan menggunakan semua teknologi secara digital. Salah satunya adalah e-commerce. Belanja berbasis eletronik menjadi primadona mulai dari marketplace, sosial media, website hingga pesan instan. Tapi, apa sih sebenarnya manfaat e-commerce yang paling berguna bagi umkm? Intip yuk sekarang dengan membaca terus artikel ini ya. 

  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Sesungguhnya penggunaan e-commerce ini sangat amat penting karena kaitannya dengan memperluas pasar kita karena sesungguhnya market pasar digital sangat luas sekali. Contohnya saja Facebook ada > 140 juta pengguna aktif  yang menggunakan Facebook di Indonesia yang bisa menjadi sasaran tepat bagi pelaku bisnis umkm. Dengan mempercantik toko atau melakukan ads agar bisnis Anda  semakin mudah ditemukan. Anda pastinya sudah bisa langsung menemukan target pasar bukan hanya wilayah terdekat tapi juga seluruh Indonesia. 

2. Pelanggan Mudah Melakukan Pembelian

 Konsumen adalah raja tapi untuk mereka si konsumen tepat. Bertemu dengan konsumen itu layaknya seperti bertemu dengan jodoh. Karena kemudahan dengan adanya e-commerce pelanggan masa kini semakin tidak mau ribet tapi tetap mau hemat. Mereka akan memilih melakukan pencarian hanya dalam hitungan detik untuk menemukan produkmu atau hanya menggeser aplikasi dan menemukan iklanmu. Tentunya, dalam hal ini kamu memerlukan untuk membuat toko online merupakan cara terbaik agar konsumen bisa mendapatkan produk dengan mudah.

Dengan e-commerce dapat membantu pelanggan kamu untuk lebih mudah menemukan toko online kamu.Apalagi jika wilayah tidak terlalu jauh dari wilayah pelanggan kemungkinan mereka beli produk jualan kamu semakin tinggi dan repeat order pun akan semakin sering. Menggiurkan bukan? 

3. Bisa Menghemat Biaya

Biasanya dengan jika memiliki toko fisik kita harus repot memikirkan biaya listrik, sewa dan belum lagi penambahan untuk mendesain ulang tempat. Hal ini tentunya membutuhkan modal yang cukup banyak. Untuk kita pelaku bisnis UMKM tentu harus bisa memangkas biaya seefisien mungkin untuk dapat bertemu dengan pasar yang tepat. Dengan adanya e-commerce  mampu menghemat biayamu akan kebutuhan dasar dan bisa memfokuskan dengan kebutuhan untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Bagi pemula, Anda hanya cukup mengeluarkan biaya untuk iklan dan investasi tehadap kamera atau handphone sudah cukup untuk memuka toko online. Maka dari itu, banyak pebisnis yang lebih memilih berjualan melalui e-commerce karena lebih tepat sasaran sehingga bisa meningkatkan penjualan.

4. Pengelolaan Pengiriman Lebih Mudah

Dengan mempunyai toko online pastinya memudahkan pelanggan kamu dalam membeli produk jualan karena mudahnya transaksi dan tersedianya beragam metode pembayaran. Jadi, pastikan juga kamu memiliki rekening bank yang bisa dipakai oleh pelangganmuSelain itu, kamu juga tidak perlu memikirkan sudah sampai mana pengiriman barangmu, sebab barang yang kamu kirim dapat dilacak secara online pula.Bukan hanya itu, yang harus kamu perhatikan sebelum memilih menggunakan ecommerce untuk berjualan.

Tapi hal yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana kamu mengelola usaha tersebut seperti laporan keuangan, data penjualan, sampai sinkronisasi stok barang. Tapi jangan pusing karena sekarang, Anda juga semakin dimudahkan loh terutama dalam hal ini karena semuanya bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman tanpa harus repot membuka komputer maupun laptop. Pastinya menghemat waktu Anda dan fokus semakin penuh untuk jualan. Semakin mudah untung dengan aplikasi pencatatan keuangan dari MOODAH!

Author

Write A Comment