Dengan mewabahnya COVID-19 ini membuat berbagai sektor usaha menurun terutama bagi bisnis yang mengandalkan bertemu langsung dengan market secara offline. Hal inipun juga membuat sebuah pergeseran dengan perilaku konsumtif masyarakat yang sudah mulai beralih menggunakan transaksi secara online dan cashless. Tentunya sebagai pengusaha kita harus mulai cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Sebagai ‘nahkoda kapal’ bisnis, kita harus sangat peka dengan keadaan pasar, apa yang sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan kondisi saat ini. Peluang dan kesempatan itu selalu ada tapi bagaimana kita mengambilnya. MOODAH, sebagai aplikasi pencatatan keuangan yang hanya dalam satu genggaman, juga sangat percaya bahwa peluang itu masih selalu ada. Saat ini buat Anda yang ingin mencoba peluang tersebut, simak artikel berikut: 

  1. Bisnis Kuliner 

Saat ini, keadaan yang membuatkan semuanya mulai shifting ke dunia digital. Dari pendidikan, media hingga bisnis, tentunya tren penggunaan digital ini harus langsung ditangkap oleh Anda pelaku bisnis kuliner yang dulu selalu mengandalkan traffic tamu yang hadir ke tempat. Namun saatnya kini kita memfokuskan strategi bisnis dengan penggunaan aplikasi pemesanan makanan dan strategi marketing melalui media sosial.Menurut We Are Social 2021, dengan pengguna 74,4% internet sudah menggunakan aplikasi pesan antar makanan ini, hal ini membawa Indonesia memuncaki pertama dibandingkan dengan Brazil dan Malaysia. Sekarang, tinggal kita membuat strategi yang tepat untuk food delivery ini. Salah satunya adalah dengan meminimalisir menu dengan memilih yang paling banyak dipesan dan menjadi favorit sehingga dapat memudahkan pelanggan baru untuk memilih makanan.

  1. Bisnis jasa layanan pengantaran (delivery service) 

Pergeseran tingkah laku konsumtif masyarakat ke digital ini menyebabkan jasa layanan pengantaran pun turut meningkat dan semakin kompetitif. Kite ketahui dulu mungkin pasar besar hanya diambil oleh JNE, JNT, Tiki dan Sicepat. Ternyata saat ini sudah banyak sekali,loh dan harganya sangat kompetitif tentunya ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis terutama. Memulai bisnis ini pun bisa dengan cara keagenan sehingga kita juga menerima sistem yang diberikan oleh pihak ekspedisi dan kita bisa langsung menjalankannya. 

  1. Bisnis kebutuhan pokok 

 Saat ini masyarakat untuk menjadi konsumtif bukanlah tujuan utama mereka tapi kebutuhan mendasar dan pokok adalah sifat natural manusia untuk tetap bisa bertahan melalui keadaan ini. Karena pandemi menyebabkan masyarakat pun jarang untuk keluar rumah apalagi untuk ke pasar tradisional. Karena itulah bisnis yang bisa kamu coba di masa pandemi ini adalah menyediakan bahan pokok dengan memasarkannya secara online hal ini bukanlah yang mudah tapi sudah ada beberapa aplikasi yang sukses menawarkan ini sehingga memungkinkan juga bagi umkm memulai bisnis ini. 
Itulah tadi beberapa bisni yang bisa kamu coba selama pandemi ini. Memang pandemi ini sungguh menyulitkan bagi pengusaha tapi masih ada kesempatan yang sangat bisa kita manfaatkan. Buat Anda usahawan jangan lupa untuk selalu optimasi keuntungan dengan cara pencatatan keuangan yang tepat dan hemat. Saat ini semakin mudah dengan teknologi yang ditwarkan oleh aplikasi MOODAH! Kamu yang berjualan online  juga akan semakin dimudahkan,loh.

Author

Write A Comment