Keuangan Bisnis dan Akuntansi

4 Tips Sukses Berbisnis Bersama Sahabat – Minim Risiko

Pinterest LinkedIn Tumblr

Memulai bisnis bersama sahabat adalah hal yang sangat bisa Anda lakukan karena dianggap lebih mudah dan menyenangkan, apalagi di zaman seperti sekarang, yang rata – rata sudah melek dalam mencari penghasilan dengan memulai bisnis secara offline maupun online.

Tapi berbisnis dengan sahabat juga tidak bisa sembarangan, Anda harus bisa memilih teman sebagai partner bisnis yang setidaknya punya visi dan misi yang sama dengan Anda.

Selain itu kerjasama pun harus terjalin baik satu dengan yang lainnya, jangan sampai tidak bisa memisahkan hubungan pribadi dan pekerjaan, atau bahkan berakhir permusuhan. Hasilnya bisnis Anda bisa saja hancur.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengikuti 4 tips sukses memulai bisnis bersama sahabat berikut ini :

1.     Satukan visi dengan sahabat

Sedekat apapun chemistry Anda dengan sahabat, belum tentu memiliki visi atau perspektif yang sama ketika menjalankan bisnis bersama. Di dalam bisnis perbedaan pendapat memang hal yang lumrah terjadi, biasanya hal tersebut yang menjadi sumber masalah di bisnis Anda nantinya.

Maka dari itu, pentingnya memiliki visi dan tujuan bisnis yang sama di awal sehingga menghindari terjadinya konflik atau masalah yang berkepanjangan. Jika memiliki perbedaan pendapat, usahakan memilih jalan tengah yang bisa diterima kedua belah pihak.

2.     Pembagian tugas yang jelas

Tugas antara Anda dan sahabat harus dibuat secara terstruktur dan jelas diawal untuk meminimalisir terjadinya masalah, dengan adanya pembagian tugas yang jelas, maka baik Anda maupun sahabat punya tugas dan tanggung jawab masing – masing ketika menjalankan bisnis.

Usahakan pembagian tugas harus bisa saling melengkapi satu sama lain. Jika Anda fokus pada tanggung jawab operasional, maka sahabat Anda bisa melengkapinya dengan mengatur keuangan ataupun bidang lain yang menunjang.

3.     Transparan dan percaya satu sama lain

Walaupun sudah saling percaya satu sama lain, transparansi pekerjaan tetap harus diawasi, menghindari terjadinya kecurigaan dan krisis kepercayaan yang bisa menghambat kemajuan bisnis Anda.

Untuk menjaga kepercayaan tersebut, Anda bisa mengadakan evaluasi performa bisnis secara berkala dengan agenda melaporkan tanggung jawab masing – masing yang sudah terselesaikan dan laporan lainnya seperti laporan keuangan, laporan pajak, dan lain – lain.

4.     Rencanakan pengelolaan keuangan agar terhindar dari konflik

Keuangan adalah hal sensitif ketika berbisnis dengan sahabat sekalipun, karena rawan terhadap konflik.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda merencanakan keuangan dengan matang diawal dan sudah disepakati bersama dengan sahabat untuk kelancaran bisnis.

Salah satu rencana yang bisa Anda gunakan adalah memakai jasa akuntan profesional untuk membantu pembuatan laporan keuangan seperti pembukuan, arus kas, neraca keuangan ataupun laporan pajak.

Tapi sebelumnya, Anda perlu diskusikan terlebih dahulu dengan sahabat ya, agar kedua belah pihak mengetahui tentang pemakaian jasa akuntan tersebut.

Di zaman serba digital ini, jasa akuntan profesional bisa didapatkan melalui Virtual Accountant, seperti MOODAH.ID, yang membantu para pelaku bisnis seperti Anda, untuk membuat laporan keuangan yang rapi dan tersistem secara otomatis. Sehingga Anda bisa fokus ke strategi bisnis agar berkembang ke level yang lebih tinggi.

Dengan moodah.id Anda bisa mengambil keputusan yang akurat berdasarkan laporan keuangan yang terpercaya.

Itulah beberapa tips sukses berbisnis bersama sahabat yang bisa Anda lakukan, agar bisnis yang Anda bangun bersama sahabat semakin maju dan berkembang.  

Write A Comment