Kamu sering lupa pengeluaran yang sudah kamu keluarkan tiap bulan berapa? Memang, dalam membuat dan menyusun laporan keuangan ini ada tekniknya, supaya pencatatan lebih rapi dan memudahkan kamu jika ingin menghitung total pengeluaran. Beberapa tips ini bisa kamu ikuti supaya mudah dalam menyusun laporan keuangan yang akan kamu buat.

  1. Mencatat Transaksi pada Jurnal

Hal pertama dan paling mendasar dalam membuat laporan keuangan adalah kamu harus mencatat setiap transaksi yang sudah kamu lakukan. Dalam transaksi bisa memuat pembelian, penjualan, penukaran barang, sewa ataupun kegiatan umum lainnya. 

Sebagai contoh, ini adalah cara mencatat transaksi pada jurnal khusus pembelian. Misalnya perusahaan kamu pada periode bulan Mei 2022 ini melakukan transaksi pembelian di beberapa toko atau vendor terkait.

Tanggal 12 Mei 2022, terdapat transaksi pembelian di vendor A sebesar Rp. 500,000

Dan tanggal 25 Mei 2022, kamu melakukan pembelian berbeda di vendor B sebesar Rp. 1,500,000

Semua Transaksi dilakukan secara kredit. 

Untuk mencatat transaksi pada jurnal, kamu bisa gunakan tabel untuk mempermudah pencatatan, seperti berikut ini :

PT. Nama Perusahaan Kamu

Jurnal Khusus Pembelian

Periode Mei 2022

Itulah contoh mencatat transaksi jurnal pembelian. Nah, jangan lupa juga di setiap transaksi harus disertakan bukti transaksi di dalamnya bisa berupa nota, kwitansi, faktur, ataupun sejenisnya. Bukti transaksi ini jangan sampai hilang, ya.

  1. Memposting Jurnal ke Dalam Buku Besar

Setelah pencatatan Jurnal lengkap, kamu bisa memindahkannya ke dalam Buku Besar. Hal ini berguna untuk mengelompokkan setiap transaksi sesuai dengan akunnya masing-masing secara tepat. Dengan begitu, kamu bisa memastikan setiap pencatatan Jurnal dengan benar dan akurat.

Jika kamu tidak tahu bagaimana memposting jurnal ke dalam buku besar, cara berikut bisa kamu tiru,

Ingat, setiap transaksi yang dicatat di buku besar harus per nama akun ya. 

Siapkan terlebih dahulu jurnal yang sudah lengkap di catat, seperti ini

Setelah jurnal lengkap, saatnya mencatat di buku besar, pisahkan transaksi sesuai dengan nama akun yang ada di kolom keterangan, seperti ini:

Buku Besar

Nama Akun : Vendor A Kode Akun : 015 

Begitulah cara kamu memposting jurnal transaksi ke dalam buku besar, mudah bukan?

  1. Menyusun Neraca Saldo

Neraca saldo merupakan suatu daftar yang berisikan seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun. Fungsinya, agar memudahkan kita dalam mengecek kebenaran Buku Besar yang telah dibuat. Isi dari neraca saldo ini berupa 4 kolom utama yaitu kolom kode (nomor) akun, kolom nama akun (keterangan), kolom debet dan kredit.

Langkah penyusunan neraca saldo adalah :

  1. Mencantumkan nama akun dan saldo
  2. Menjumlahkan kolom debit dan kredit
  3. Membuktikan kesamaan kedua kolom antara debit dan kredit 

Contoh neraca saldo, sebagai berikut :

Toko Bahagia Sejahtera

Neraca Saldo 

Periode April 2022

(dalam rupiah)

No. KodeNama Akun DebitKredit 
012Kas 30,000,000
301Piutang Usaha12,000,000
205Perlengkapan 6,750,000
013Sewa dibayar di muka4,100,000
014Peralatan18,650,000
116Kendaraan22,400,000
118Utang Usaha10,000,000
119Utang Bank11,500,000
311Modal 32,000,000
312Prive2,000,000
405Pendapatan Jasa28,250,000
406Pendapatan Sewa25,500,000
520Beban gaji karyawan7,850,000
525Beban listrik dan telepon900,000
526Beban Administrasi700,000
527Beban Lain – lain 1,050,000
528Beban Iklan 850,000
107,250,000107,250,000
  1. Kumpulkan Data untuk Membuat Jurnal Penyesuaian

Beberapa transaksi mungkin ada yang belum tercatat atau transaksi terjadi di akhir saat tahap pembuatan laporan keuangan dan masih ada yang tidak sesuai dengan keadaan di akhir periode, sehingga data tersebut dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian. Jadi, jurnal ini dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan saldo-saldo perkiraan yang akan menunjukkan keadaan sebenarnya sebelum penyusunan laporan keuangan.

Dari 6 akun dalam akuntansi, Salah satu akun yang memerlukan penyesuaian adalah akun perlengkapan dikarenakan adanya pemakaian. 

Cara membuat jurnal penyesuaian untuk akun perlengkapan adalah sebagai berikut:

Pada bulan april 2022, beban penyusutan tertulis senilai Rp. 1,500,000 yang kemudian menambah beban penyusutan dan akumulasi penyusutan senilai Rp. 1,500,000. Maka pembuatan jurnal penyesuaiannya adalah seperti ini:

  1. Menyusun Neraca Lajur

Tahap selanjutnya sebelum kamu membuat Laporan Keuangan, ada baiknya menyusun Neraca Lajur terlebih dahulu. Neraca Lajur berguna untuk memudahkan kita menyusun Laporan Keuangan. Tujuan neraca lajur adalah untuk menjadi landasan dalam memeriksa sebuah rekening buku besar yang telah kita sesuaikan sebelumnya.

Pada proses pengerjaannya, kamu harus menyiapkan berbagai laporan, dari mulai laporan neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah disesuaikan, laporan laba dan rugi, serta laporan neraca, setelah itu kamu input ke dalam table, seperti contoh dibawah ini: 

Source : https://www.gramedia.com/literasi/contoh-neraca-lajur/

Sampai di step ini, sebenarnya kamu sudah memiliki data yang siap untuk dijadikan Laporan Keuangan. Tapi, kalau kamu masih bingung juga, tidak ada salahnya kamu coba pakai jasa Moodah Virtual Accountant, penyedia jasa akuntan profesional yang menangani mulai dari jasa akuntan sampai urusan pajak. Ohya, Moodah Virtual Accountant ini juga menangani pembuatan atau pembukuan usaha yang outputnya meliputi Laporan Keuangan, Neraca Keuangan, Laba Rugi, Arus Kas, dan Analisa Rasio. Jadi, kamu ga perlu repot-repot menyiapkan data dan mengerjakan itu semua, semua akan dikerjakan tuntas dan beres di Moodah Virtual Accountant.

Ok, langkah terakhir dalam menyusun Laporan Keuangan adalah membuat Laporan Keuangan itu sendiri. Contoh pembuatan laporan keuangannya, bisa berdasarkan laporan neraca lajur yang sudah lengkap.  Kamu tinggal menulis semuanya dengan alur dan urutan yang rapi sesuai ketentuan dan standar laporan keuangan.

Jangan lupa, bahwa informasi yang disajikan dalam Laporan Keuangan sangat penting, karena mencerminkan kinerja dari sebuah perusahaan / badan usaha dan dapat digunakan sebagai dasar dari pengambilan keputusan.

Itulah beberapa tips simple dan praktis dalam menyusun Laporan Keuangan.

Author

Write A Comment