Sebagai pemilik bisnis, apakah kamu termasuk orang yang mengerti dan paham mengenai laporan keuangan seiring berjalannya bisnis? 

Jika tidak, kemungkinan kamu dan bisnis kamu dalam tanda bahaya, karena tidak bisa dipungkiri, laporan keuangan sangatlah penting untuk dibuat dan dimengerti oleh pemilik bisnis. 

Memangnya sepenting apa sih laporan keuangan? 

Jika dinilai dari manfaatnya, laporan keuangan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis kamu dalam jangka panjang. Laporan keuangan sendiri memang dibuat untuk mengetahui berbagai informasi yang menyangkut kondisi keuangan perusahaan, kinerja karyawan hingga pengambilan keputusan yang akurat agar bisnis terus maju dan berkembang. 

Atau sebagai bahan pertanggungjawaban kepada investor perusahaan kamu, agar mereka yakin bahwa bisnis kamu berjalan dengan baik dan mereka tidak salah berinvestasi di perusahaan kamu. 

Bayangkan, tanpa laporan keuangan, apakah kamu bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisnismu? Jangan – jangan kamu hanya bisa menerka dan akhirnya salah langkah. Oleh karena itu laporan keuangan sangat penting bagi pemilik bisnis. 

Selain itu, apa saja manfaat laporan keuangan bagi pemilik bisnis? 

  1. Sebagai pemisah aset bisnis dan pribadi 

Untuk meminimalisir risiko kesalahan dalam perhitungan keuntungan, laporan keuangan dibuat untuk memisahkan mana yang menjadi aset pribadi, dan mana yang menjadi aset bisnis, agar semuanya tidak tercampur. 

  1. Acuan dalam pengambilan keputusan 

Mengambil keputusan untuk kelangsungan bisnis tidak mudah, kamu harus bisa memutuskan sesuatu lebih matang, oleh karena itu kamu memerlukan laporan keuangan sebagai data acuan agar keputusanmu tepat dan akurat. 

Sebagai contoh, jika data laporan keuangan menunjukkan adanya perkembangan dalam laju keuangan, maka sebagai pemilik bisnis, kamu bisa dengan bebas menentukan strategi yang pas untuk perkembangan bisnis ke depan. 

Selain itu, laporan keuangan juga bisa dijadikan acuan evaluasi per periode, apakah tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, apakah keuangan perusahaan baik dan sehat. 

  1. Bahan dasar perhitungan pajak 

Dengan adanya laporan keuangan, pemilik bisnis bisa mengetahui berapa besaran pajak terutang dalam perusahaan. Selain itu bisa juga menjadi bukti bahwa perusahaan telah membayar pajaknya. 

  1. Mempermudah Pinjaman modal 

Syarat dalam meminjam modal ke bank maupun kreditur adalah laporan keuangan. Laporan keuangan yang sehat memberikan peluang lebih besar untuk pemilik bisnis mendapatkan pinjaman modal. 

  1. Mengetahui jumlah pendapatan perusahaan 

Dengan adanya laporan keuangan, kamu bisa melihat dan menganalisa secara langsung jumlah pendapatan hingga keuntungan perusahaan, apakah perkembangannya terus tinggi atau dalam sebulan keuntungan yang didapat mengalami penurunan. 

Selain itu, kamu juga bisa melindungi perusahaan dari kecurangan karena adanya laporan keuangan. 

Tapi, bagaimana jika kamu sebagai pemilik bisnis tidak bisa membuat dan membaca laporan keuangan? 

Di era serba digital seperti sekarang, walaupun tanpa skill akuntansi, kamu tetap bisa membuat laporan keuangan dengan mudah lho! 

Caranya dengan memakai jasa Moodah Virtual Account yaitu moodah.id, penyedia jasa akuntan profesional yang bisa membantu kamu menangani pembuatan laporan keuangan. 

Tim profesional moodah akan mengirimkan laporannya dari mulai pembukuan, laporan laba – rugi, neraca keuangan, hingga laporan keuangan yang detail dan akurat setiap bulannya, sesuai kebutuhan perusahaan kamu. 

Jadi kamu tinggal fokus pada strategi mengembang bisnis ke level yang lebih tinggi tanpa perlu memikirkan hal teknis lagi. 

Nah, sekarang sudah tahu bukan bagaimana pentingnya laporan keuangan bagi pemilik bisnis, semua manfaatnya ditujukan untuk perkembangan bisnis. Karena ternyata tanpa laporan keuangan, bisnis kamu bisa terhambat dari waktu ke waktu lho. 

Oke, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa berguna untuk kemajuan bisnis kamu ke depannya. 

Author

Write A Comment