Aplikasi POS kasir atau Point Of Sales saat ini banyak digunakan, menggusur mesin kasir konvensional aplikasi berbasis online ini lebih diminati karena terintegrasi. Anda akan lebih mudah mendapatkan berbagai fitur dari penyedia aplikasi menggunakan sistem yang ditawarkan.

Walaupun memang aplikasi tersebut akan memudahkan anda, tetapi pengolahan data harusnya dilakukan oleh akuntan profesional. Dan Pernahkah anda berpikir untuk mengkolaborasikan aplikasi tersebut dengan jasa virtual accountant? Pasti lebih mudah dan efektif!

Kenali Jenis-jenis Aplikasi POS Kasir 

Aplikasi POS kasir saat ini sendiri tentunya lahir karena ketersediaan Electronic Cash Register atau mesin kasir yang ramai digunakan sebelumnya. Namun saat ini, sistem kasir ERC sudah mulai ditinggalkan karena kurang memadai. Cara pembayaran yang beragam tentunya akan menyulitkan para pelaku usaha yang masih menggunakan sistem kasir ERC.

Terdapat dua jenis aplikasi Point Of Sales yang harus anda ketahui. Tentunya aplikasi ini bisa jadi opsi sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

  1. Point Of Sales 

Salah satu sistem keuangan untuk kasir yang masih sering digunakan saat ini adalah POS kasir atau Point Of Sales. Walaupun demikian ini masih mirip dengan ERC namun di dalamnya sudah terdapat software yang memungkinkan kita mendapatkan banyak informasi. 

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi data terkait penjualan bila menggunakan mesin kasir ini. Mesin kasir POS biasanya masih dijual dalam bentuk hardware yang berisi aplikasi. Sehingga mungkin Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

2. MPOS 

Pengembangan dari sistem kasir POS, MPOS sendiri hampir mirip namun platform yang digunakan saat fleksibel atau mobile friendly. Sistem ini biasanya juga bisa dioperasikan menggunakan Android, iOS atau bahkan Windows. Jangan menutup kekurangan dari sistem kasir POS, MPOS jauh diminati dan bahkan memiliki harga lebih rendah. 

Seluruh Penyimpanan data bisa menggunakan Cloud POS, sehingga pemantauannya bisa dilakukan secara online. Setiap pengguna akan memiliki dasbor untuk setiap pekerjaannya dalam workspace secara online. Sehingga nantinya pemilik bisnis bisa memantau penjualan melalui aplikasi saja. 

Setelah mengetahui berbagai jenis dari aplikasi kasir POS, tentunya akan membuat para pelaku usaha lebih mudah. Anda tidak perlu melakukan rekap tutup buku yang menyulitkan. Apalagi jika nantinya Anda mengkolaborasikannya dengan jasa virtual accountant.

Baca Juga: Begini Caranya Melakukan Stock Opname Untuk Kamu Yang Punya Usaha F&B

Kebutuhan Hardware Aplikasi POS Kasir 

Nah, setelah kita mengenal berbagai jenis aplikasi kasir Point Of Sales. Selanjutnya kita juga harus mengetahui apa saja kebutuhan hardware saat akan menggunakan aplikasi tersebut. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengkolaborasikan aplikasi kasir POS dengan jasa virtual accountant. Pasti perlu mempersiapkan beberapa hal ini terlebih dahulu

1. Mesin Kasir 

Pertama pastinya anda akan memerlukan mesin kasir untuk menyimpan uang. Pastikan memilih mesin kasir yang memiliki keamanan tinggi dan terintegrasi dengan aplikasi.

2. Printer 

Selanjutnya Anda juga akan membutuhkan printer, ini akan dipergunakan untuk mencetak struk. Pastikan anda memilih printer yang baik agar tidak terjadi kendala saat mencetak struk setelah pembelian dari pelanggan.

3. Tablet 

Akan lebih mudah jika Anda menggunakan tablet untuk akses aplikasi MPOS tersebut. Karena akan jauh lebih luas dan pastinya memudahkan kasir untuk bekerja lebih cepat. Walaupun memang aplikasi kasir POS tersebut bisa digunakan pada platform lainnya, namun menggunakan tablet lebih direkomendasikan!

4. Credit Card Terminal 

Anda juga akan membutuhkan credit card terminal. Apalagi untuk beberapa pelanggan yang mungkin lebih suka untuk melakukan transaksi cardless.

5. Barcode Scanner 

Selain itu sistem pembayaran dengan cara barcode juga menjadi pilihan pelanggan. Anda pastinya juga memerlukan barcode scanner yang memadai. 

Setelah anda selesai menginstal dan menggunakan aplikasi kasir POS, akan lebih mudah juga jika menggunakan jasa virtual accountant. Yang artinya Anda tidak akan bingung ketika sedang tutup buku di akhir bulan! Pelaku usaha pastinya akan jauh lebih mudah dan terbantu dengan kolaborasi jasa akuntan online bersama aplikasi Point Of Sales.

Baca Juga: Apa itu Standar Operasional Prosedur ?

Olah Data Aplikasi POS Kasir Bersama Virtual Accountant 

Anda yang sudah menggunakan aplikasi kasir online tentunya masih mengalami berbagai kendala. Terlebih lagi Anda akan kebingungan saat data di lapangan tidak sama dengan hasil pembukuan. 

Seperti yang sudah saya jelaskan, akan sangat efektif bila anda mengkolaborasikan aplikasi ini bersama dengan jasa akuntan online. Dengan begitu akhir bulan anda akan jauh lebih mudah dan menyenangkan! Bahkan banyak sekali keunggulan anda menggunakan jasa akuntan online tersebut.

Dikerjakan Oleh Professional 

Pertama pastinya seluruh data dari aplikasi tersebut akan dikerjakan oleh akuntan profesional. Sehingga Anda tidak perlu takut karena setiap data tersebut diolah oleh orang yang berpengalaman.

Ketika seluruh data dikerjakan oleh profesional anda tidak perlu takut. Selain akan mendapatkan hasil maksimal, tentunya juga memberikan laporan keuangan yang detail dan akurat.

Tenang Saat Tutup Buku 

Banyak perusahaan atau startup di Indonesia mungkin masih kesulitan saat tutup buku. Padahal saat ini anda bisa menggunakan jasa akuntan profesional secara online. Yang nantinya akan memangkas biaya hingga meningkatkan efektivitas bagi manajemen.

Menggunakan cara ini akan membuat Anda jauh lebih muda dan pastinya mendapatkan banyak nilai tambah. Selain itu aktivitas tutup buku akan lebih simple dan membuat anda pelaku usaha lebih memahami kondisi keuangan secara mendetail.

Bebas Konsultansi 

Selain itu, yang cukup menarik jasa virtual accountant ini juga memberikan bebas konsultasi seputar dunia akuntansi. Pastinya juga dilakukan oleh tim profesional di bidangnya. Kapanpun dan dimanapun anda berada, pastinya bisa langsung melakukan konsultasi!

Nilai tambah ini tentunya akan menjadi fitur penting saat memilih jasa akuntan online. Selama bisnis berjalan pastinya akan terdapat banyak eksperimen untuk mendapatkan metode terbaik. Dan salah satunya anda akan memerlukan pertimbangan dari akuntan profesional.

Software Canggih

Bagi anda yang akan menggunakan jasa akuntan online pastikan untuk memilih mereka yang memanfaatkan software tercanggih dan terupdate. Karena dengan menggunakan software tersebut akan membantu laporan keuangan jadi lebih baik dan mendetail. 

Dengan menggunakan software terbaru dan lebih canggih, pasti seluruh data yang diberikan pada klien akan lebih detail dan memuaskan. Apalagi seluruh laporan keuangan tersebut akan dikerjakan oleh profesional. Artinya, pelaku usaha tidak perlu kebingungan dan tinggal duduk manis menunggu laporan!

Baca Juga: Penting! Ini Dia Manfaat Laporan Keuangan Untuk Pemilik Bisnis

Memanfaatkan 2 layanan terbaru di era modern saat ini pasti membuat usaha anda memiliki manajemen yang lebih baik. Untuk mendapatkan hasil maksimal pastikan memilih jasa akuntan profesional online yang terpercaya. Dan jangan lupa untuk menggunakan aplikasi kasir online yang kredibel serta memiliki banyak fitur.

Tunggu apalagi? Segera lakukan kolaborasi antara aplikasi POS kasir dengan jasa virtual accountant. Selain memudahkan, pastinya para pelaku usaha akan sangat membutuhkan 2 hal ini untuk mendapatkan laporan data yang optimal.

Author

Write A Comment